Welcome Guest!
twitter facebook

,

Pentingnya Kehadiran Cold Storage Bagi Nelayan di Kabupaten Bone


Cold storage merupakan salah satu sarana penunjang dalam proses penanganan pasca penangkapan. Peranan cold storage yaitu sebagai tempat penampung/penyimpanan sementara guna tetap menjaga kwalitas hasil tangkapan sebelum didistribusikan, sehingga harga jualnya dipasaran tidak menurun karena kwalitas hasil tangkapan yang menurun.
Bila ditinjau dari manfaatnya, kehadiran Cold Storage bagi nelayan kecil/ tradisional akan sangat membantu nelayan untuk menyeimbangkan pendapatan mereka. Dimana sekarang ini yang kita lihat kejadian dilapangan, khususnya nelayan didaerah Kabupaten Bone, disaat musim ikan tiba maka jumlah ikan dipasar sangat melimpah yang otomatis akan membawa dampak pada turunnya harga ikan. Karena faktor tersebut, tidak heran bila pada saat harga ikan dipasaran drastis menurun dan begitu juga sebaliknya. Sedangkan bila ditinjau biaya operasional penangkpan, makin hari makin melonjak naik dan tidak ada kata-kata gelap-terangnya bulan.
Hal demikian sangat dirasakan oleh hampir semua nelayan kecil di Indonesia, khususnya wilayah Bone dan sekitarnya.

Dari gambaran singkat diatas dapat dilihat pentingnya keberadaan cold storage sebagai sarana penunjang di Sektor Perikanan Tangkap. Dengan jumlah potensi perikanan tangkap yang menjadi tempat beroperasinya nelayan kecil yang seperti diatas, maka dirasakan perlu adanya penyediaan cold storage di kabupaten Bone guna memperlancar ketersediaan stok ikan bagi masyarakat Bone serta stabilnya harga ikan dipasaran yang mampu menampung seluruh hasil tangkapan yang ada dikawasan tersebut. 
Sarana Cold Storage salah satu persyaratan utama bagi INVESTOR HASIL LAUT (khususnya ikan ) untuk masuk menanamkan modalnya di kabupaten Bone
Diantara beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, Bone memiliki potensi ikan dengan nelayan yang terbesar maka tidak ada jalan lain, Pemkab Bone harus mengupayakan adanya cold storage.

0 komentar

Readers Comments

Info Terbaru

Sponsored By

Featured Video

Our Sponsors